Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN)
Sumber: blogibnuseru.blogspot.com

Sejarah singkat asal usul diadakannya KSN ternyata dari sebuah kompetisi kecerdasan internasional yang diadakan di Indonesia. Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau yang saat ini dikenal dengan Kompetisi Sains Nasional (KSN) memiliki sejarah yang unik. Pada awalnya Indonesia tidak memiliki wadah bersaing untuk seluruh siswa se-Indonesia. Hingga pada akhirnya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade Internasional Fisika (IPhO – International Physics Olympiad) pada tahun 2002. Ajang adu kecerdasan dibidang fisika tersebut diikuti oleh 72 negara dari berbagai belahan dunia dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia kala itu, Bu Megawati Soekarnoputri, di Bali. Sesuai dengan arahan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Indra Djati Sidi, Indonesia harus mencapai 3S yaitu sukses penyelenggaraan, sukses peserta, dan sukses prestasi. Alhamdulillah, pada event tersebut Indonesia berhasil membawa pulang 3 medali emas dan 2 medali perak.

Setelah berhasil melaksanakan olimpiade tersebut, tim pelaksana punya mimpi untuk membuat event yang sama di Indonesia dan dilaksanakan secara nasional. Mimpi itupun direspon positif oleh Menteri Pendidikan kala itu, Pak Malik Fajar. Pak Malik Fajar pun meminta kepada rektor agar para peserta tingkat nasional diterima di UMPTN dan mengambil anak-anak yang berprestasi dari ajang tersebut. Pak Malik Fajar pun meminta agar mulai tahun depan diadakan untuk berbagai tingkatan mulai dari SD, SMP, dan SMA.

Olimpiade diadakan pertama kali tahun 2002 di Yogyakarta dengan 2 kategori untuk SD yaitu matematika dan IPA, 3 kategori untuk SMP yaitu matematika, fisika, dan biologi, dan 7 kategori untuk SMA yaitu matematika, fisika, biologi, kimia, astronomi, komputer, dan ekonomi. Namun pada saat pelaksanaan, pengadaannya belum sempurna. Lalu pada tahun 2003 acara tersebut disempurnakan kembali beserta Standar Operasional Prosedur (SOP). Sejak saat itulah KSN tingkat nasional diadakan bergantian di berbagai provinsi di Indonesia. Berikut daftar kota-kota yang dijadikan sebagai tuan rumah KSN dari tahun 2002 sampai 2020:

  1. Tahun 2002 diadakan di Yogyakarta, DIY.
  2. Tahun 2003 diadakan di Balikpapan, Kalimantan Timur.
  3. Tahun 2004 diadakan di Pekanbaru, Riau.
  4. Tahun 2005 diadakan di DKI Jakarta.
  5. Tahun 2006 diadakan di Semarang, Jawa Tengah.
  6. Tahun 2007 diadakan di Surabaya, Jawa Timur.
  7. Tahun 2008 diadakan di Makassar, Sulawesi Selatan.
  8. Tahun 2009 diadakan di DKI Jakarta.
  9. Tahun 2010 diadakan di Medan, Sumatera Utara.
  10. Tahun 2011 diadakan di Manado, Sulawesi Utara.
  11. Tahun 2012 diadakan di DKI Jakarta.
  12. Tahun 2013 diadakan di Bandung, Jawa Barat.
  13. Tahun 2014 diadakan di Mataram, NTB.
  14. Tahun 2015 diadakan di Yogyakarta, DIY.
  15. Tahun 2016 diadakan di Palembang, Sumatera Selatan.
  16. Tahun 2017 diadakan di Pekanbaru, Riau.
  17. Tahun 2018 diadakan di Padang, Sumatera Barat.
  18. Tahun 2019 diadakan di Manado, Sulawesi Utara.
  19. Tahun 2020 diadakan secara daring.

Dengan adanya wadah untuk mempersatukan dan mempertemukan para siswa berprestasi di seluruh Indonesia dapat membuat para siswa semangat untuk belajar dan bermental juara karena sangat ketatnya persaingan. Persiapan yang dilakukan dari seleksi di dalam sekolah, lalu naik ke KSN tingkat kota, lalu naik ke KSN tingkat provinsi, hingga ke KSN tingkat nasional. ALC Indonesia dapat dijadikan sebagai pembimbing dan pelatihan para peserta untuk menggapai mimpi para peserta, yaitu menjadi seorang medalist dan membanggakan Indonesia ke kancah internasional.  Klik disini untuk ikut program pelatihan online unggulan kami, karena dalam beberapa hari lagi akan ada pengumuman hasil KSN-P 2021 dan persiapkan diri kalian sebaik mungkin untuk KSN 2021.

ALC Group, For Better Indonesia!